Rapat Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Kabupaten Bone

Kadis Kebudayaan Kab. Bone Ir. H.Andi Promal Pawi, M.Si. memimpin rapat dalam rangka Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kabupaten Bone.

Rapat yang dilaksanakan di Bola Soba itu dihadiri Tokoh Budayawan Andi Youshand Tenritappu, Andi Galigo, Andi Baso Bone, H.Salahuddin, dan Kabid Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone, Selasa, 14 Agustus 2018.

Kadisbud  H. Andi Promal Pawi menjelaskan, bahwa Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Kabupaten dan Kota merupakan amanah dari Undang-undang No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Karena itu, Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Kabupaten/Kota diharapkan lahir mulai dari pokok pikiran kebudayaan kabupaten/kota selanjutnya dapat dikonsolidasikan dengan pokok pikiran kebudayaan provinsi dan dapat dibawa pada kongres kebudayaan pada Bulan November sehingga nantinya dapat disusun rencana induk pembangunan kebudayaan.

Dan selanjutnya, rencana induk pembangunan kebudayaan ini akan menjadi referensi dalam penyusunan RPJM Kabupaten Bone.

Dokumen PPKD Kabupaten Bone diharapkan selesai pada Bulan Agustus ini untuk dapat diakses pada Pra Kongres II Penyusunan PPKD Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara Kabid  Adat dan Tradisi Disbud Kab. Bone Andi Murni AL., S.E. memaparkan, bahwa pokok pikiran masyarakat adalah dokumen yang memuat kondisi faktual dan permasalahan yang berhubungan dengan daerah, dalam upaya pemajuan kebudayaan, termasuk usulan dan penyelesaiannya.

Terkait penyusun PPKD Kabupaten Bone tersebut, Dinas Kebudayaan Kab. Bone, melibatkan masyarakat melalui para tokoh seni, sejarah, dan budaya yang selanjutnya membentuk tim kerja.