Bone Ikuti Festival Keraton Nusantara (FKN) di Kota Palopo

234

Rombongan Kabupaten Bone bertolak ke Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Minggu 8 September 2019. Mereka akan mengikuti Festival Keraton Nusantara (FKN) 2019.

Festival Keraton Nusantara (FKN) Ke-13 Tahun 2019 digelar di Istana Kedatuan Luwu, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, berlangsung pada tanggal 9-13 September 2019.

Festival ini akan diisi berbagai kegiatan seni budaya dan ekonomi kreatif seperti kesenian tradisi dan modern, festival kopi, kuliner khas, pameran foto dan benda pusaka, selain itu pesta rakyat, kirab keraton, dan musyawarah agung.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone, Andi Promal Pawi mengatakan, Kabupaten Bone rutin ambil bagian pada pesta kebudayaan nasional tersebut. Segala persiapan sudah dipersiapkan dengan matang.

“Total rombongan dari Kabupaten Bone yang berangkat ke Palopo ada sekitar 170 orang,” Ungkap Andi Promal.

Kadis Kebudayaan Kabupaten Bone menuturkan, penampilan Kabupaten Bone pada FKN 2019 akan mengusung tema Raja-raja Wanita Bone.

“Ada enam perempuan yang pernah menjadi ratu di Kerajaan Bone. Mereka adalah Batari Toja, Tenriawaru Pancaitana Besse Kajuara, We Tenri Tuppu, I Mani Ratu Arung Data, We Banrigau, dan Patima Banri,” tuturnya

ko